Menonton di Kampung Warna Kolaborasi

By September 3, 2018 news

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja termasuk di dalam mall, di sore hari dan di hari libur apalagi menggunakan film sebagai media belajarnya. Hari Senin dan Selasa (10-11/9), Sinedu ikut berkolaborasi di Kampung Warna Kolaborasi Japfa yang diadakan di AEON Mall BSD Tanggerang dalam rangka memperingati 10 tahun JAPFA4KIDS, sebuah program pengabdian masyarakat oleh Japfa. Di Kampung Warna Kolaborasi, Sinedu mengajak para orang tua dan anak untuk nonton bareng, berdiskusi dan mendengarkan talkshow “Terhibur dan Terdidik Melalui Film. Anak – anak yang hadir, terlihat senang dan antusias ketika pemutaran film animasi Sahabat Pemberani dengan judul “Jelajah Pulau” dan “Pahlawan Kemerdekaan”. Kedua film ini mengajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan kelestarian alam. Dengan bantuan orang tuanya, anak-anak berdiskusi menggunakan panduan pertanyaan yang telah disiapkan tim SInedu.id. Selain film animasi, film lainnya seperti Sepatu Septu dan Seikat Jiwa juga ditayangkan, untuk menambah pengetahuan dan sudut pandang baru kepada orang tua dan anak dalam memahami penggunaan film sebagai media belajar yang efektif dan menyenangkan.

Setelah selesai menonton bareng, orang tua dan anak diajak untuk mendengarkan talkshow ‘Film sebagai media belajar’ yang dimoderatori oleh Kak Monica Astivan. Pada hari pertama, narasumber yang hadir adalah Kak Intan Maharani, seorang creative content publisher film dan Kak Anggun Piputri, managing director sinedu.id. Di hari kedua narasumber yang hadir adalah Kak Yulia Indriani, seorang ibu dua anak dan penggerak komunitas Keluarga Kita serta Kak Muthia Zahra Feriani, seorang film maker dan ibu muda. Dalam talkshow ini, orang tua mendapat sharing pengalaman bahwa ‘Film sebagai media belajar’ akan lebih efektif dan mudah dipahami anak, karena film tidak hanya mempengaruhi aspek rasional namun juga dapat mempengaruhi aspek emosi dan imajinasinya. Selain itu, melalui bahasa audio visual yang ada dalam film, anak akan lebih mudah memahami dan mengerti pesan yang disampaikan.

Dalam dua hari tersebut, Sinedu.id sukses dengan rangkaian kegiatan untuk mensosialisaikan ‘Film sebagai media belajar’ . Seperti, nonton bareng, talkshow santai dan simulasi berdiskusi setelah menonton film bersama anak. Semoga dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak orang yang menggunakan film untuk belajar sehingga Indonesia semakin melek film.

author sinedu

About author sinedu

Leave a Reply