Konferensi Pendidikan Indonesia

By December 2, 2019 event

Pendidikan adalah tanggung jawab semua orang terdidik.

Minggu kemarin, Sinedu.id ikut hadir dalam Konferensi Pendidikan Indonesia yang digagas oleh Asosiasi Semua Murid Semua Guru. Kegiatan ini diikuti tidak hanya berbagai komunitas pendidikan namun juga berbagai pemangku kepentingan seperti guru, kepala sekolah, kementrian/ lembaga, korporasi, media bahkan individu yang peduli dengan peningkatan Pendidikan di Indonesia.

Dalam konferensi yang berlangsung selama dua hari ini terdapat 7 klaster (bidang) yang merumuskan Visi dan Strategi dalam peningkatan kualitas pendidikan, yaitu klaster Pengembangan Guru, Teknologi dalam Pendidikan, Pendidikan Untuk Semua, Literasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Keluarga, dan Pengembangan Anak Muda. Hal ini merupakan wujud nyata bahwa Pendidikan perlu dikerjakan barengan dari berbagai lini. Dalam konferensi ini , Sinedu.id ikut tergabung di klaster Pengembangan Guru. Monica Dwi Astivan, managing director Sinedu.id, berkesempatan untuk menjadi penyaji dalam sesi kolaborasi bersama Nefrijanti dari Yayasan Pusat Kemandirian Anak dan Cici Tri Wanita dari Inspirasi Fondation. Visi yang disepakati oleh klaster Pengembangan Guru adalah Meningkatnya kualitas guru. Kualitas yang dimaksud dijabarkan menjadi dua hal, guru yang mengajar dengan berpihak pada anak dan guru yang mampu mengetahui kompetensi yang dibutuhkan melalui refleksi. Strategi yang disepakati adalah membuat silabus untuk guru yang mengajar berpihak pada anak dan mengadakan kelas online yang dapat diakses oleh semua guru di seluruh Indonesia.

Selain diskusi klaster yang spesifik membahas topik dalam klaster, terdapat diskusi panel bertema Integrasi, Kolaborasi dan Inovasi Pendidikan Indonesia antara Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Sri Mulyani Menteri Keuangan Indonesia, Salman Subakat CEO Paragon Technology & Innovation, Budi Setyarso Pemimpin Redaksi Koran Tempo, Dian Sastrowardoyo Pelaku Industri Kreatif dan di moderator oleh Najelaa Shihab Inisiator Semua Murid Semua Guru. Dalam diskusi ini, para panelis memberikan berbagai pandangan, peran dan komitmen untuk berkontribusi mendukung kemajuan Pendidikan Indonesia.

Di penutupan konferensi ini, para peserta dan komunitas penggagas sama-sama membacakan komitmen dan janji bersama yang sudah disusun dan disepakati dalam klaster masing-masing. Semoga dengan adanya kegiatan ini semua orang semakin merasa tanggung jawab pendidikan ada ditangannya, bukan hanya ditangan para guru, kepala sekolah, kementrian Pendidikan, penggagas kegiatan atau komunitas Pendidikan.

Pendidikan adalah tanggung jawab kita semua, orang terdidik.

 

 

 

author sinedu

About author sinedu

Leave a Reply